Diberdayakan oleh Blogger.

Stres Terkait Pekerjaan Lho


Gangguan yang biasanya dialami oleh banyak orang yaitu stres. Dari mulai stres di jalan, di rumah , bahkan di tempat kerja. Semua disebabkan oleh banyak faktor dan penyebabnya bisa dari tekanan yang ada di sekliling kita. Stres tidak hanya dialami oleh ibu rumah tangga saja, justeru lebih banyak itu dialami oleh para pekerja kantor maupun pabrik. Anda pasti pernah mengalami stres bukan?. Ya seperti itulah kondisi orang dewasa. Dulu saat masih kecil melihat orang dewasa sepertinya seru tapi sekarang yang sering dikatakan adalah Oh my god, its so complicated. Begitu juga saya paling sangat sering stres lho hihihi.

Tapi tahukah kalian, ternyata stres itu bisa diatasi dengan beberapa hal yang simple dan mudah diterapkan. Sebelum saya beri tahu apa saja itu, simak penjelasan berikut ini. 1 dari 7 orang yang menyandang status karyawan mengalami gangguan jiwa yang disebabkan oleh stres. Awalnya hanya mengalami beban pikiran ringan seperti tekanan di tempat kerja dengan berbagai tuntutan yang harus diselesaikan tepat waktu. Seperti minggu lalu saya berkesempatan hadir di konfrensi pers Kementrian Kesehatan untuk memperingati hari kesehatan jiwa sedunia dengan mengambil tema "KESEHATAN JIWA DI TEMPAT KERJA"

Menurut UU. KES. No 36 Tahun 2009 dituliskan bahwa "Kesehatan merupakan keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonimis". Itulah yang dinamakan unsur kesehatan paripurna. Selain itu tahukan Anda bahwa ternyata kesehatan jiwa dan kesehatan fisik itu saling terkait dan mepengaruhi lho. Seperti gambar di bawah ini.


World mental health day diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh warga di Dunia akan pentingnya kesehatan jiwa. Hari kesehatan jiwa sedunia ini juga merupakan kesempatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk saling membantu dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat jiwa di seluruh dunia. 

Emosi juga merupakan salah satu contoh bahwa kita telah mengalami stres. Terkadang emosi dapat terjadi dalam situasi dan kondisi apaoun. Bagi ibu rumah tangga dapat terjadi emosi yang disebabkan okeh pekerjaan rumah dan anak-anaknya, pengguna jalan juga mengalami emosi yang disebabkan oleh sesama pengguna jalan yang lainnya. Begitu juga seorang karyawan, dengan berbagai macam tekanan kondisi pekerjaan serta sistem yang berjalan. Sebab itu kehadiran HRD di sebuah perusahaan sangat diperlukan, karena posisi HRD sama dengan psikolog yang ada di perusahaan. Duh, kalau emosi melanda pasti udah tidak karuan harus berbuat apa. Ini dia tips mengatasi emosi.


Sama seperti gambar diatas, saya akan berbagi tips untuk mengatasi emosi. Tapi sebelumnya ada yang sudah tahu apa sih emosi?. Emosi adalah suatu bentuk perasaan berupa reaksi seseorang terhadap suatu keadaan tertentu. Emosi juga dapat berupa emosi yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Yuk sama-sama kita belajar mengatasinya.
  • Kenali emosi Anda, dalam hal ini mengenali apa penyebab Anda emosi merupakan suatu yang diperlukan.
  • Pikirkan mengapa situasi tersebut mengganggumu. Apa sih yang membuat Anda terganggu dengan situasi itu?, dengan begitu Anda akan mudah mengatasinya.
  • Pikirkan dampak kedepannya terhadap kehidupan Anda. Jika Anda di tempat kerja yang harus dipikirkan adalah yang akan terjadi nantinya jika Anda emosi secara berlarut-larut.
  • Pilih tindakan yang positif. Misalnya saat Anda belum mencapai target maka yang dilakukan adalah meningkatkan kembali kinerja Anda agar mencapai target.
  • Mengambil hikmah dalam sebuah kejadian. Tidak semua kejadian yang bikin Anda emosi itu jelek, tapi coba lihat sisi lain ada hal yang Anda tak pernah percaya. 
Itulah tips mengatasi emosi yang berujung stres. Selain itu, stres juga dapat diatasi jika kita memiliki sebuah planing kehidupan. Ini adalah hal yang penting bagi setiap manusia yang hidup. Spele sih sebuah planing tapi itu sangatlah membantu, sebab dengan begitu hidup akan teratur dan dapat berjalan dengan semestinya. 

Jangan sampai stres mengurangi point kita di kantor lho. Sebab ada sekitar 10% dari pekerja mengajukan cuti dikarena depresi. Bagaimana dengan Anda, apakah sering merasakannya?. Silahkan share di kolom komentar ya. Terima kasih.

Tidak ada komentar