Tips Penulisan Konten dan Bloging


Hai, apa kabar sahabat blogku? Semoga selalu baik dan bahagia ya, aamiin aamiin ..

Berbicara tentang blog atau suatu blog sudah pernahkah mengikuti ajang perlombaan dengan berbagai macam hadiah dan tema yang disediakan?, hmm jika berbicara mengenai lomba saya menjadi teringat beberapa tahun yang lalu. Saya selalu mengikuti ajang lomba blog atau saat sekolah lomba karya tulis. Lagi-lagi saya gugur, ah kesal sekali rasanya. Pingin marah tapi kok buat apa ya?. Akhirnya saya mencari kira-kira dimana letak kesalahan saya. Setelah itu apa yang saya lakukan?, mencoba kembali dan belajar menulis.

Kemudian kemarin pada tanggal 27 Agustus 2017 saya sangat bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti ajang workshop bersama Komunitas Indonesia Social Blogpreneur mengenai blog dan content writer. Tambah lagi pengisi acaranya yang gak kalah seru ada bloger senior Mba Haya Aliya Zaki dan ahli di bidang Digital Marketing Specialist yaitu Mas Niko Ryansyah.


Jadi saya tertarik untuk mencoba kembali peruntungan saya di kompetisi blog sambil belajar di workshop ini. Seperti yang kebanyakan kita tahu, menulis sebuah blog bisa dikatakan sebagai curahan hati. Sebab tak jarang orang yang membuat blog untuk diary mereka sehari-hari. Seperti yang difilmkan pada zamannya tersebut.

Padahal menulis dalam blog itu tak hanya tentang masalah pribadi saja lho, Anda dapat menghasilkan gaji hanya dari sebuah tulisan. Hah, gimana ya caranya?. Berikut ini ada tips dan trik untuk menjadikan blog Anda sebagai pekerjaan dan menghasilkan.
  • Content Marketing
Pada point yang pertama ini seperti misalnya Anda ditunjuk untuk menulis beberapa produk dari sponsor ternama. Pasti dong akan ditulis sebaik mungkin, nah selain menuliskan dan menjelaskan soal produk Anda diwajibkan untuk memasarkan. Bagaimana caranya?, Anda dapat mencoba produk tersebut atau bisa googling untuk mencari apa khasiatnya dan manfaatnya. Biar Anda tidak dibilang bohong atau yang lebih mengerikan lagi ungkapan "waah ternyata pembohongan publik nih blognya". Wow itu sangat mengerikan jangan sampai ya seperti itu. Setelah itu Anda review apa efeknya setelah dikonsumsi?. Kemudian Anda deskripsikan kepada audience. Tapi tetap pada intinya adalah kejujuran. Client senang dan Anda mendapat hasil.

Seperti saya yang akan menceritakan kesegaran yang saya rasakan saat meminum seduhan dari CNI Indonesia yaitu Up Honey Lemon Tea. Jika saya lebih suka diseduh secara hangat, ah rasanya segar sekali ditubuh. Bagaimana cara kalian untuk menyeduhnya?. Dengan perpaduan yang pas antara madu, lemon, dan teh. Jika kalian ingin membeli atau mendaftar sekalian menjadi member langsung aja yuk kunungi galericni.com . Semua sudah dipermudah oleh CNI Indonesia



  • Cara Penulisan
Pada point yang ini jika kita menulis dengan cara tulisan yang ribet dan njelimet maka audience akan sulit membaca. Apalagi jika cara menulisnya juga berantakan agak sulit juga dibaca. Sebagai penulis harus benar-benar kreatif bukan hanya sekedar menulis tiba-tiba langsung jadi. Melainkan harus mencari ide apa yang ingin ditulis. Kemudian sisipkan beberapa konten yang pas  untuk audience. Tapi ingat ya kita juga harus tahu pasar, siapa saja yang membaca blog kita dan kira-kira masuk tidak tema yang kita share dengan para audience. Jangan sampai tulisan kita khusus dewasa ternyata yang membaca anak-anak remaja. Bisa-bisa diciduk nantinya.
  • Pemilihan Font
Nah ini nih yang harus diperhatikan juga, masa tulisannya bagus eh ada yang mengganggu nih. Apa ya kira-kira?, hmm ternyata font yang digunakan agak sulit dibaca sehingga audience kurang paham akan isi tulisan tersebut. Wah sayang dong sudah ditulis serapi dan secantik itu isinya tapi terhalang oleh font. Bisa-bisa kabur nanti para audience. Jika salah memilih sebuah font jangankan membaca secara keseluruhan baca judulnya saja sudah malas. Itu juga yang kadang saya rasakan.
  • Isi Konten
Sebuah konten harus dibikin semenarik mungkin bagi para pembaca. Sebab menariknya sebuah konten akan membawa audience untuk berlama-lama membaca atau bahkan menonton sebuah video. Konten dapat berisi sebuah foto atau video. Pernah dong melihat sebuah video dari brand A dan saat kita tonton tidak sengaja menangis haru?, sebab pembawaan dari cerita di video tersebut mengena di hati para audience. Gimana?, hebat kan bisa membawa audience sampai sejauh itu. Padhal hanya sebuah iklan tapi dibuat semenarik itu. Anda juga bisa kok melakukan hal yang seperti itu. Buat yang baru dengan cara yang menarik audience.
  • Memahami Apa yang Sedang Trend 
Sebelum kita membuat sebuah konten atau blog, yang pertama harus diketahui adalah topik yang sedang hits atau menjadi trending topic. Sehingga tema atau topik yang kita angkat dalam sebuah tulisan menjadi sejajar dengan yang sedang viral saat ini. Tapi juga menuliskannya jangan sampai melebih-lebihkan suasana yang nyata. Cukup dengan apa yang dilihat?, siapa pelakunya?, kenapa bisa terjadi?. Ya tak lain dan tak bukan gunakanlah 5W+1H.

Nah, itu adalah sedikit tips dan penjelasan mengenai penulisan konten dan bloging. Semua sudah menjadi satu kepaduan agar dapat menghasilkan sebuah tayangan yang bagus dan tentunya menarik audience untuk berlama-lama melihat tayangan kita. Sedikit pertanyaan nih, apa sih yang pertama kali Anda lihat saat membaca blog atau melihat website?, tulis jawaban Anda di kolom komentar ya. Terima kasih

4 komentar

Febrianty Rachma mengatakan...

Nah bener banget ini, kalau penulisannya njlimet dan ribet orang akan malas baca ya mbak xixi. Btw semoga berhasil mencoba peruntungannya ya

Ayu Ratnaningtias mengatakan...

Hihihi iya mbak, sama2 semoga berhasil ..

Ani Berta mengatakan...

Perlu di bookmark ini tips nya :)

Ayu Ratnaningtias mengatakan...

:) terima kasih mbak Ani